Cobalah Mengerti dan Peterpan

10/14/2012 3 Comments A+ a-

 
Cobalah Mengerti Peterpan Feat Momo Geisha

Siang-siang gini, buka blog sambil ngemil buah melinjo. Padahal ada tugas menanti.....Ah, liat saja nanti #pelarian #ngeles

Sebenernya saya rada males ngerjain tugas, soalnya video yang jadi bahan tugasnya itu pake bahasa inggris dan ga ada subtitlenya, baik subtitle inggris ataupun indonesia. Bikin males,kan? Padahal videonya ada banyak, padahal ntar sore udah didiskusiin #ngeluh terus

Ok, ok, udah dulu curhatnya


Cobalah Mengerti
Aku mau bahas soal Peterpan, sebuah band yang sekarang ganti nama menjadi "Noah" dan soal lagu yang di atas itu.

Sebenernya, aku suka "mendengarkan" lagu ini. Apalagi yang nyanyi itu kan Momo Geisha, aku suka suaranya dan aku rasa mbak Momo itu cantik. hohohoho....

Tapi, aku gak suka liriknya. Gak masuk akal banget gitu. jadi, kadang kalo mau nyanyiin atau dengerin, sebenernya rada terganggu ama liriknya itu. Gini potingan liriknya :

Dan kamu hanya perlu terima
Dan tak harus memahami
Dan tak harus berfikir
Hanya perlu mengerti
Aku bernafas untukmu
Jadi tetaplah di sini
Dan mulai menerimaku

Nah itu lirik yang mengganggu.

"Dan kamu hanya perlu terima. Dan tak harus memahami" => Coba deh, gimana kita bisa menerima sesuatu kalo gak memahaminya? Yang ada itu kalo ga paham, biasanya marah-marah, jengkel, atau dendam malahan dan gak mungkin mau menerijma begitu saja. Kalo seumpama menerima itu gampang, tanpa harus memahami, pasti deh yang namanya konflik di dunia ini juga gak ada.

"Dan tak harus berfikir, hanya perlu mengerti...." => ga mungkin lah mengerti tanpa berpikir. Yang namanya mengerti itu aja sudah bagian dari proses berpikir. Yang namanya mengerti pasti juga berpikir.

Hikmah : "Jangan meminta orang lain untuk melakukan hal-hal yang gak mungkin, meski itu hanya sekedar rayuan"


Tentang Peterpan
Pertama kali denger nama ini dari adekku (kalo ga salah adekku dulu masih SD) yang suka banget ama lagunya. Nah, yang pertama kali kebayang itu, "Peterpan" yang macam di dunia imajinasi itu, pake baju ijo-ijo, riang dan suka mondar-mandir ke sana kemari.

Dan saat saya liat video klipnya via vcd player, ternyata saya salah. Hehe... Jauh banget dari bayangan saya. Saat melihat video klip itu, saya jadi bertanya-tanya apa yang membuat grup band ini digandrungi banyak orang?? Karena sejujurnya saya tidak terkesan sedikitpun dengan video, lirik, ataupun sang vokalisnya yang katanya keren itu.

Hem....diliat dari video klip, biasa aja. Ga jauh beda ama video klip yang lain. Dari sang vokalis sendiri juga, aku nggak merasa dia se"keren" itu untuk di"gila"i. Hem...ok, aku akui dia itu keren. Tapi, cuma itu, ga lebih. Ganteng? Rasanya ga juga. Ada sih, 1 momen, cuma beberapa detik aja, aku melihat sosoknya itu keren. Tapi, setelah itu aku gak nemu lagi. Dan, entah di video klip yang mana, saya lupa.

Emang sih, aku ngerasa liriknya peterpan itu puitis dan melankolis. Harusnya itu tipe lagu yang aku sukai kan? Nah, tapi aku entah kenapa aku gak suka liriknya. Rasanya, ga ada yang spesial gitu buatku. Makanya, sampe sekarang, aku masih bertanya-tanya apa yang membuatnya istimewa??

Hem...sebenernya ada 1 kelebihan dari grup ini, yang harus aku akui juga bahwa lagu-lagunya peterpen itu selalu easy listening! Easy listening itu istilahku. Jadi, lagu-lagu mereka itu selalu terdengar ringan di telinga. Meskipun liriknya berat, dan si Ariel nyanyinya sampe uratnya keliatan, tapi tetep aja lagunya itu terdengar easy listening. Dan, yah mau tidak mau harus saya akui saya suka "mendengarkan" lagunya, meski tidak menjadi favorit saya. Tapi, saya tidak terlalu merasa terganggu dan masih bisa menikmati kalau terpaksa harus mendengarkan lagu ini.


Usut punya usut, setelah obrolan saya bersama dengan salah satu sahabat saya. Akhirnya ketemu juga deh sebabnya. Lagu-lagu peterpan itu pesimis banget! Nah, itulah yang membedakannya ama L' Arc En Ciel, salah satu band Jepang favoritku. Kedua band itu sama-sama punya lirik yang "suram", melankolis, dan puitis yang pasti.

Tapi berbeda dengan peterpan,Laruku (kependekan dari L' Arc En Ciel) itu optimis. Meski suram, tapi di dalam setiap liriknya itu selalu ada semangat untuk "fight". Tapi, kalo lirik-liriknya peterpan itu, memang sura, tapi ia cenderung tenggelam dalam kesuram-annya. Jadi ya, begitulah. Ternyata, lirik lagu itu juga sangat mempengaruhi "suasana" lagunya ya?

Btw, ini hanya pendapat subyektif saya. Untuk yang penggemarnya peterpan, anggap saja ini masukan untuk peterpan. Kalau mau kritik, silakan di kritik isinya, tidak perlu berlebihan. Karena toh, ini hanya pendapat pribadi saya. Dan, jangan mencoreng yang di "gemar"i hanya karena perilaku kita. Terima kasih :)

Oke, saya akan lanjut dengan tugas-tugas yang sudah menumpuk. Selamat Siang!! :D

3 comments

Write comments
Yus Yulianto
AUTHOR
14 Oktober 2012 pukul 16.41 delete

lirik lagu nya ariel memang tidak bisa di mengerti banyak orang. hanya orang orang tertentu, huehuehue

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
16 Oktober 2012 pukul 08.40 delete

@Yen : iya donk :D

@yus : justru karena mengerti, makanya ga suka :p

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D