“Children World”, “The World of Miracle”

4/04/2011 12 Comments A+ a-



ambil foto di warnet, sekalian upload :D

Berasal dari membaca blog “Wonderful Life” ini, saya jadi tertarik untuk menulis ketertarikan dan kekaguman saya pada yang namanya ank-anak. Sebenarnya udah lumayan lama, saya ingin menulis tentang ini, tapi masih tertunda oleh ide-ide saya yang lain. Lah, berhubung ini ada pemicunya juga, sekalian aja deh, ditulis sekarang.


Saya bukan seorang yang gampang dengan anak-anak, pun bukan orang yang sangat aktif dalam kegiatan dunia anak-anak. Tapi, saya sangat kagum pada anak-anak. Ya, bagi saya mereka adalah keajaiban. Saya pernah menjadi anak-anak, memang yang alami bukanlah masa anak-anak yang paling manis, tapi saya merasakan sendiri bahwa dunia anak-anak itu emang luar biasa. Rasanya, saya gak rela untuk meninggalkan masa di mana umur saya masih bawah 20 tahun, dan menginjak umur 20an ke atas (ups.... :p). 


Anak-anak itu lugu dan polos, dunia mereka begitu penuh warna. Mereka memandang dunia dalam sudut pandangnya yang simpel dan polos. Tetapi, itu sama sekali tidak membuat mereka kalah jauh dari orang-orang yang disebut dewasa. Apa maksudnya? Ya, dengann kepolosan dan keluguan mereka, mereka terkadang bahkan mungkin seringkali, dapat melihat sebuah permasalahan lebih jelas daripada orang-orang di sekitarnya. Mereka dapat bertindak lebih dewasa daripada orang-orang dewasa yang ada di sekitarnya. Bahkan gak jarang, justru kita yang dibuat belajar dari mereka.


Karena kepolosan dan keluguan yang dimiliki anak-anak itulah, mereka cenderung “bersih” dari segala “kelicikan” orang dewasa. Ya, itulah kelebihan mereka. Dengan kepolosan yang mereka miliki, mereka dapat berpikir bebas dan terbuka. Mereka bereksplorasi sebanyak mungkin, mereka bersemangat untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Mereka bebas merentangkan dunia mereka. Mereka akan berusaha untuk mewujudkan dunia yang mereka inginkan untuk mereka, dengan eksplorasi mereka.
Saat anak-anak, adalah saat dimana kita begitu penuh dengan energi dan semangat. Bahkan, bisa jadi melebihi orang dewasa. Coba saja, anak-anak yang telah bermain seharian berlari-lari kesana kemari, menjelajah, manjat-manjat pohon dan lain sebagainya, apakah mereka merasa begitu kelelahannya melakukan itu hingga muak dan berhenti? Tapi, lihat saja orang dewasa, mungkin Cuma berlari-lari sebentar saja udah ngos-ngosan dan pingin berhenti (termasuk aku :p). Mereka punya tenaga yang luar biasa, dan bayangkan saja, jika kita dapat "memberdayakannya" (apa maksudnya?dibahas lain waktu aja).

Karena itulah, tidak heran jika ada anak-anak yang memiliki prestasi yang sangat hebat, jika dibandingkan dengan orang dewasa, mungkin kita yang akan kalah. Karena itu, saya sangat takjub dengan segala potensi anak-anak. Mungkin, kebanyakan dari kita akan meremehkan dan sebal dengan anak-anak. Mereka itu cengeng, nakal , pengganggu dan lain sebagainya. Kebanyakan dari kita, meremehkan potensi mereka dengan “membatasi” dunia mereka,  membatasi “pengetahuan” mereka.  Bahkan, bisa jadi berusaha menghindari mereka.

Tapi, ayolah, merekalah yang nanti akan menerima tongkat estafet dari kita untuk menjaga dunia ini. Mereka yang masih berpikir bebas lah, yang akan mampu membenahi segala kerusakan yang terjadi karena perlakuan generasi-generasi mereka yang sebelumnya ini. Mereka lah yang nanti akan menghadapi kompleksnya kehidupan. Dan, apa yang mereka hadapi nantinya, mungkin akan jauh lebih sulir dibanding apa yang kita hadapi sekarang.
Karena itulah, saya memiliki impian. Impian untuk membuka dunia anak-anak. Agar mereka tidak lagi terbatasi oleh “orang-orang” dewasa. Agar mereka dapat bebas bereksplorasi, sambil bermain, menjelajah dunia. Agar mereka dapat menggapai apapun impian mereka. Agar mereka bisa, membangun dunia yang lebih baik dari sekarang. Dengan kepolosan dan keluguan mereka, dengan keceriaan mereka, dengan keingintahuan mereka yang sangat tinggi, dengan semangat dan energi mereka; saya yakin jika kita tidak lagi meremehkan mereka, jika kita tidak lagi membatasi dunia mereka, jika kita mampu mendukung mereka dengan segala yang kita miliki, suatu saat, mereka akan mengubah dunia ini menjadi dunia yang lebih menyenangkan untuk ditinggali. Seperti dunia mereka yang penuh dengan semangat, energi, kasih sayang, dan keceriaan.

Mungkin, ini saatnya untuk lebih mempercayai mereka, dan mendukung mereka. ^^

Buat kalian yang peduli, buktikan dan langsung aja cek disini caranya. ^^

12 comments

Write comments
4 April 2011 pukul 21.34 delete

lagi-lagi wajah disembunyikan :P
hahaha

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
4 April 2011 pukul 21.38 delete

masalahnya layarnya gak cukup. gedhe kertasnya. lagipula amannya kan gitu. kalo pingin tau add fb aja :p

Reply
avatar
4 April 2011 pukul 23.50 delete

yaaa...masa kanak-kanan memang menyenangkan...karena yang dipikiran mereka hanya kesenangan bermain... :)
salam

Reply
avatar
M. Hudatullah
AUTHOR
5 April 2011 pukul 11.22 delete

sayang sekali sekarang ini anak-anak banyak dieksploitasi dan dituntut menjadi dewasa sebelum waktunya. dipaksa ikut les ini itu... :'(

Reply
avatar
moonlite!
AUTHOR
5 April 2011 pukul 11.50 delete

waaaah makasih banget yaaaa :*

Reply
avatar
5 April 2011 pukul 13.07 delete

cukuplah di blogger saja :)

Reply
avatar
rabest
AUTHOR
5 April 2011 pukul 13.39 delete

iyaaa..setuju sama komennya mas uda, kasian bangetanak2 sekarang, waktu mainnya sekarang sangat2 sedikiit sekali, banyak orang tua yang seakan2 terobsesi punya anak pintar, toh kalo dipaksa juga hasilnya sama aj..yang ada anaknya stress.... :((

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
5 April 2011 pukul 14.02 delete

@nufri : yah, tidak ada beban. itu yang menyenangkan.

@mas huda dan bestari : sebenernya gak perlu dituntut, kalo dibiarkan bebas secara alami anak-anak juga akan bereksplorasi sendiri.Kita semua pasti punya pengalaman yang unik2 di masa kecil kita. Sayangnya, kebanyakan orang tua itu lupa bagaimana menjadi anak-anak. sehingga lupa juga bagaimana mereka menghadapi masalah, malah menyamakan dengan orang2 "tua".

@moonlite : ini nonanoto? ganti nickname nie?? :D

@john terro : oke :)

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
6 April 2011 pukul 13.17 delete

@noeel : hohoho,,, kapan2 aja, hehe...
aku juga blm tau wajahmu lo, wkwkwk.... :p

Reply
avatar
13 April 2012 pukul 23.31 delete

wah, menarik, aku suka anak-anak kecil :3

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
15 April 2012 pukul 00.51 delete

@nabila : Wah,,,,, sama dunk qt :D

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D