Aku anak siapa?

6/06/2012 17 Comments A+ a-

Prolog 
Mama : mama itu kalo gak salah golongan darahnya A, papa itu AB.
Aku : Wah,,,,jangan-jangan mama A, papa AB, dan aku O, hahahahaha, terus anak sapa aku ini.... (candaku)

-Prolog Selesai-

Hari Sabtu minggu sebelumnya, aku pergi ke pameran pendidikan SMA-SMK. Nah, kan kebetulan ada stand yang nawarin periksa golongan darah gratis. Jadilah aku, mama, dan si uul ikutan antri disitu. "Ah, asyik. kebetulan aku pingin tau golongan darahku, setelah sekian lama :D!", kataku dalam hati. Sambil antri, aku bercanda ama mama dan temenku dengan berkata yang seperti di awal tadi. 
Hasil pemeriksaan darahku

Nah, ternyata eh ternyata, 2 sampel darahku yang diberi cairan anti-A dan anti-B itu, dua-duanya hasilnya keruh. Katanya, itu artinya golongan darahku "O". Teruz, pas giliran mamaku yang periksa, hasilnya itu "A". Wew....Sontak saja aku nyeplos dengan gaya bercanda gitu,"Walah, omonganku jadi kenyataan. Darahku beneran O ini. Lah, aku anaknya sapa ini??" Si mas yang dari tadi dengerin candaan dan periksa darahku cuman ketawa aja denger komentarku itu. 

Singkat cerita esok harinya di rumah, mamaku tanya," Lho, ika lho koq bisa darahnya O ya? Padahal mama A, dan Papa AB. Weh.... ". Malahan mamaku yang kuatir dan kepikiran sendiri. Aku sih, nyantai aja, pokoknya udah tau golongan darahku. Dan, tebakanku dulu, bahwa aku itu kalau nggak golongan darahnya O sih ya golongan AB ( dari artikel yang bahas tentang karakter berdasarkan golongan darah), ternyata emang salah satu tebakanku itu bener. Gitu aja sih.

Tapi, akhirnya ya aku usil aja godain mamaku, " Hayo, maa.....aku anaknya sapa ini?" Mamaku jawab," Yo anake mama ama papa lah,ik. Wong kamu lo mirip ama keluarganya papa dan mama." Aku nyahut aja,"Iyo ta(Iya kah)?", Mamaku jawab lagi, " Iya kok".

Berhubung respon mamaku yang gak santai, jadilah aku pingin tau. Aku bongkar-bongkar dokumen alm. Papaku yang dulu dipake buat naek haji. Di dokumen itu, di bagian golongan darah itu, Pilihan Golongan darah A,B, itu dilingkari dan dicoret. Tapi, yang dilingkari dan bersih dari coretan itu cuma AB. Berarti kan golongan darah papaku itu AB,ya?
Wew....Kalo gini, aku anaknya sapa nie?

Langsung aja, aku cari data pewarisan golongan darah, kayak yang di samping ini.

Hem....begini sih, beberapa hipotesaku :

  1. Mungkin aja hasil waktu itu bisa salah, human eror atau gimana gitu. Tapi, aku kan liatin prosesnya, dan jelas yang dicobain waktu itu adalah darahku.
  2. Aku anak pungutan??
  3. Aku bukan anak dari salah satu orang tuaku??
  4. Itu terjadi karena mukjizat dari Allah. Sehingga, saya itu adalah bukti keajaiban. Jadi ada penemuan baru gitu, darah A sama AB bertemu bisa menghasilkan darah O. Jadi, aku anak ajaib dunk?? Ah, saya memang ajaib #diketakPakePalu XD
  5.  *........masih menjadi misteri.....*
Yah, after all, sebenernya aku sendiri gak terlalu shock dengan hasil ini. Apa ya, cuman asyik aja gitu. Semua data yang aku cari ini cuma buat memenuhi rasa ingin tahuku. Dan, cerita ini unik gitu, jadi ya posting dan dibagiin aja ama temen-temen di blog. Btw, ini ceritanya beneran nyata lo....

Ini hasil pemeriksaan darah alm. papaku di dokumen haji-nya beliau.
Tapi, yang punya mamaku gak ketemu. a
Seandainya pun, memang mereka, atau salah satu dari mereka bukan orangtuaku yang sebenarnya. Aku pikir juga gak ada masalah dengan itu. Hem...entahlah, aku gak merasa masalah ini sebesar dan selebay yang diceritain di sinetron atau film-film di tv. Apa ya? Selama ini toh mereka yang merawatku, meski nggak dengan sempurna. Tapi, aku cukup puas dengan kondisiku yang sekarang. Mungkin kalau gak ada mereka aku gak akan mendapatkan apa yang akan aku dapatkan. Seandainya ada orang tuaku yang lain pun, kalo ketemu syukur, kalo gak ketemu ya udah. Meskipun, mungkin aja kalau ntar ketemu juga pasti ada galau-galaunya pula. 

Tapi, yah yang sekarang lakukan yang terbaik aja lah. Everything depends on what I do in the present, right? Lagipula, siapa aku gak ditentukan oleh siapa orangtuaku, aku di masa lalu, ataupun kisah masa lalu orang tuaku. Jadi, yah lakukan aja yang terbaik yang bisa aku lakukan saat ini, dan tetep fokus sama impianku. Cuma 1 hal itu sih yang aku tahu dan aku kejar dalam hidupku.

17 comments

Write comments
niku
AUTHOR
6 Juni 2012 pukul 08.34 delete

hayooo anak siapa kamu?

Reply
avatar
Arif Khumaidi
AUTHOR
6 Juni 2012 pukul 09.43 delete

wew... tidak ada di tabel ya,
anak berkebutuhan khusus, pasti bandel amat tu anak :P

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6 Juni 2012 pukul 20.20 delete

Wah ika meragukan :/

kabur aaaah.......

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 12.12 delete

@Yen : ah, masa' cuma gt aja responnya :p

@arif : beh,,,,maksudnya apa tuh anak berkebutuhan khusus??

@u'ul : maksute? apane sing meragukan?

Reply
avatar
Arif Khumaidi
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 12.29 delete

u kan anak yang gak biasa kan???
diliat dari pewarisan, sudah aneh.
pasti maunya juga yang aneh-aneh, apalagi tingkahnya, pasti aneh. nah karena maunya yang aneh-aneh, maka ortu pun harus memberikan penanganan ekstra khusus, makanya anak berkebutuhan khusus :P
anak ajaib , ane kurang sepakat y. XD

Reply
avatar
nuel
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 12.33 delete

Mugnkin golongan darah O itu dari buyutmu kali,ka.... dan akhirnya nurun ke kamu..

hehehe....

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 12.39 delete

@arif : hyaaahhh...aneh jare. uniiikkkkk tauuuuu....... >__<

@nuel : hem....iya, mungkin saja :D

Reply
avatar
Adam Bryanata
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 12.48 delete

wah, jgn2 bener juga ka ...., test DNA aja ka ..... xixixi ......

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 12.54 delete

@om adam : weh...males, repot --"

Reply
avatar
rabest
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 15.45 delete

waduh ka, piye iku? heheh
eh, coba di tes yang beneran di lab ato di PMI ato di puskes ato dimana... dulu waktu SMA temen2ku yang lagi praktek menganalisa darahku katanya O, sekian lama aku percaya, ternyata pas kemarin tes di PMI mo donor darah, aku kaget jebule B..ckckkc..bisa aja salah hipotesa, namanya juga masih belajar...
:)

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
7 Juni 2012 pukul 15.54 delete

@Rabest : wah. gitu ya?
hem....iya juga ya. ok ok. kapan2 deh. skrg sepertinya memang masih belom butuh sih, hehe....

Reply
avatar
niku
AUTHOR
11 Juni 2012 pukul 14.59 delete

masa aku harus heboh??? orang kamu aja tenang2 mawon kok.. :P

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
11 Juni 2012 pukul 17.45 delete

@Yen: ah, padahal kan pingin bikin heboh :(

Reply
avatar
niku
AUTHOR
15 Juni 2012 pukul 14.04 delete

berusahalah lebih baik lagi :))

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
15 Juni 2012 pukul 17.15 delete

@yen : eh, tapi sempet heboh dikit koq di chat :p

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D