Karena Aku Ingin Kau Juga Menerimaku

11/20/2012 3 Comments A+ a-


Aku pernah bahas soal kejanggalan lirik lagu "Cobalah Mengerti" punya Noah disini.

Nah, setelah bikin postingan itu, pas nyetir n' asyik dengerin musik, aku ga sengaja jadi menghayati isi lagu ini. Alhasil, jadi kesel banget! Gimana ya, abis seseorang dalam lirik itu curang baernget deh. Oke, so sweet banget dia rela maksa, bahkaan berdarah untuk kita, melakukan apapun. Tapi, kalo emang niat membangun hubungan percintaan, ga gitu donk caranya. Hubungan percintaan itu bukan soal pengorbanan, tapi soal ke-"saling"-an #istilah apa itu??

Saling terbuka, saling percaya, saling mendukung, saling memahami, saling menjaga, dll deh

Curangnya adalah seseorang di lagu itu kayaknya ga mau banget deh mengorbankan dirinya (baca : membuka diri) pada seorang yang dicintainya. Oke, mungkin berdarah itu sesuatu yang heroik banget. Tapi, itu bukan menjadi pengorbanan paling berat bagimu kan? Padahal yang menjadi pengorbanan, dan bukti paling kuat dan paling dasar adalah keterbukaanmu padaku.

Ngerti gak seh? Yang namanya mencintai seseorang itu pasti pingin tau banget apapun tentang diri orang yang kita cintai. Kalo ga pingin tau, sepertinya itu hanya mengagumi, eh, tapi fans aja pasti deh kejar-kejar info apapun tentang idolanya, iya kan? Nah, kalo cuma mau mengerti tapi ga dimengerti, dan malah hanya disuruh menerima aja semuanya? Please deh, aku manusia. Bukan patung yang diem aja kamu cintai, atau mencintaimu.

Trus, rasanya ni, kalo ada yang seorang yang kucintai (dan mencintaiku pastinya donk :p) berkata begitu padaku, balasannya bakal jadi kayak gini :

Tidakkah kau mengerti? Aku mencintaimu.
Aku tak ingin kau memaksaku, apalagi melihatmu berdarah
Jika kau juga mencintaiku, seharusnya kau tahu aku tak akan sanggup melihatmu berdarah karenaku
Itu akan membuatku tersiksa seumur hidupku

Yang aku butuhkan bukan darahmu, bukan pula paksaanmu
Aku pasti akan rela menerimamu, tapi terimalah juga diriku

Tidakkah kau mengerti, mencintai dan dicintai itu 

adalah hubungan timbal balik?
Aku tidak ingin hanya dimengerti, aku juga ingin mengerti dirimu. 

Bukankah itu arti bercinta?
Aku tidak ingin kau hanya sekedar menjadi pemujaku,
Tapi kau adalah kekasihku. seorang yang kucintai, juga mencintaiku.

Aku ingin mengenal orang yang kucintai, aku ingin memahami orang yang kucintai
Karena aku tak ingin, menjadi orang asing bagimu
Aku ingin menjadi orang yang menerimamu seluruh dirimu,
Bukan hanya mengenalmu seperti halnya orang lain juga mengenalmu
Karena bukankah kau mencintaiku?

Kenapa tidak melakukannya untuk cintamu itu?
Aku mencintaimu,
Karena itulah aku tidak ingin kau hanya bernafas untukku.
Bernafaslah untuk dirimu juga untuk hal yang kau anggap penting
Aku tidak ingin cintamu padaku menjadi racun bagimu,

Dan akan merenggut nafasmu saat aku tiada
Karena yang kuinginkan, cinta kita akan menjadi berkah bagi kita berdua.
Dan, karenanya aku menginginkan kau hidup sebaik mungkin

Aku tidak hanya ingin melakukan pencarian arti tanpa ujung.
Yang aku inginkan adalah menemukan arti dari semuanya
Agar kita mampu menjalani semuanya dengan indah,
Agar kita bisa memberi dan merasakan arti pada segala hal
Yang kita telah, sedang atau akan jalani.

3 comments

Write comments
20 November 2012 pukul 09.59 delete

mantap banget Ka, kayaknya kamu bakat deh nguprek2 lirik lagu trus ngulas ...ngasih kritikan mestinya kek gimana.

tapi kalau salah satu pihak aja yang berusaha untuk mengerti seseorang yang dicintainya-selalu penasaran-nyari info ttg doi dsb, apa itu masih bisa dibilang cinta atau mengagumi? artinya seseorang itu belum dimengerti oleh doi kan Ika?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
20 November 2012 pukul 10.44 delete

Mungkin tidak selamanya ketika mengerti seseorang, ia juga akan mengerti... ada proses yang akan berlangsung sebelum terjadi sebuah saling pengertian :)

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
22 November 2012 pukul 00.13 delete

@ajeng : maap kemarin komenku rada kasar lg bnyak tugas, ini diperbaiki.
itu kebetulan aja jeng, soalnya aq sebel aja dengernya dan kebetulan kepikiran kata-kata itu
Kalau dia tetap menghormati privasi dan menjaga kepentingan orang yang disukainya adalah itu cinta.
Beda antara fans ama cinta, menurutku fans itu menuntut (info, foto, diperlakukan baik,dll) tapi cinta itu saling memahami, mendukung dan saling membimbing.
Kalau soal dimengerti sih, rasanya gak juga. Soalnya mau kita udah dimengerti atau nggak, pasti mencari info tentang doi kan pasti terus berjalan, soalnya hidup terus berjalan akan ada memori dan pengalaman baru, pun menggali pengalaman hidup yang sudah-sudah aja bisa jadi butuh waktu bertahun-tahun lho :)
menurutku begitu

@f4dly : iya, tapi kerelaan untuk dimengerti dan keterbukaan itu tetap dibutuhkan agar prosesnya bisa berjalan.

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D