Nasib Anak Baru

12/15/2013 0 Comments A+ a-

Pas liat karate kid jadi inget masa kecil dulu. Kalo di karate kid tokoh utamanya di bully soalnya dia anak baru dan berbeda dengan mayoritas anak-anak di tempat barunya. Jadi anak pindahan baru di sekolah itu kayaknya bakal ngrasain di-bully.

Yang aku ngerasa aneh itu, kenapa kalo di film-film yNg namanya anak baru mesti di bully? Padahal sepengalamanku sih, di Indonesia ga gitu juga. Aku pernah mengalami jadi anak baru pas sd itu biasa aja tuh, ga pernah tau dan denger yang begituan. Malah nih ya, pas aku pertama kali pindah di SDN Benowo II Surabaya, aku merasa bak putri raja #lebay. Temen-temen pada ramah dan pingin kenalan. Bahkan langsung panggil aku pake embel2 "mbak", padahal kita seumuran lho. Pokoknya aku terkesan banget ama sikap mereka. Aneh pikirku, tapi menyenangkan :D

Di SMP pun beberapa anak baru juga ga diapa-apain. Malah ada yang cukup populer mereka semua akrab. Dan dari seorang temenku yang lumayan sering jadi anak baru-dia sering pindah sekolah, dia juga ngerasain pengalaman yang sama kayak aku. Jadi heran, jadi soal di-bully itu datangnya dari mana ya??? Budaya kah? dari siapa?

Oh iya, Presiden Obama sendiri bilang temen-temanya pas sekolah di Indonesia itu ramah-ramah dan ga mempermasalahkan perbedaan fisik dia dengan teman-temannya itu (semoga info ini benar).
Nah kan sebenernya budaya bully-membully yang akhir-akhir ini booming asalnya darimana coba? sejak kapan?

Dan yang saya heran juga nih kayaknya pem-bully-an itu jadi jawara tema di sinetron-sinetron Indonesia. Belum lagi film-film luar yang mempertontonkan soal pem-bully-an. Rasanya pem-bully-an itu jadi sesuatu yang "keren" dan "wah" deh kalo kayak gitu.

Jangan-jangan tayangan-tayangan begitulah yang urun peran dalam berkembangnya budaya bully di Indonesia??? Hmm....Entahlah. Saya ga pernah meneliti soal itu. Kalau menurut kalian, gimana?

Mari bercuap-cuap :D