Tempat Mangkal "Komikers"

5/15/2014 8 Comments A+ a-

Dimana tempat mangkal komikers(pembaca komik)?
Rental Komik, tentu saja.

Cara biar kita bisa baca komik sepuasnya, dengan budget miring ya cuma dengan rental komik.

Saya dulu adalah seorang penggila komik. Bahkan saya dapet julukan "bandar komik" di SMP dan SMA. Makanya, kalau dibilang tempat favorit ya di rental komik itu, tempat dimana saya bisa pilih dan pinjem komik sesuka hati, tentu saja disesuaikan dengan budget kantong juga sih.

Tempat Persewaan Komik "Discovery", adalah rental komik pertama tempat saya mengakrabkan diri dengan komik, dan seorang yang telah menjadi salah satu sahabat saya hingga saat ini, Yen. Sebenernya, tempat persewaan komik yang terletak di belakang "Gym" dan tempat karaoke di daerah Surabaya Barat ini sederhana banget, dengan ruangan persegi panjang yang tidak terlalu besar. Di sisi-sisi ruangannya terletak rak buku yang menjulang hingga mendekati bagian langit-langit ruangan, setiap kolomnya terisi berbagai komik yang tersusun cukup rapi, diurutkan sesuai abjad.

Di salah satu sisi ruangan, ada 1 meja, 1 kursi dan 1 bangku panjang. Meja itu adalah tempat penjaga rental melakukan pekerjaan Administrasinya, mencatat buku yang dipinjam dan kembali serta melayani para peminjamnya. Kursi itu adalah singgasana si penjaga rental. Sedangkan, bangku adalah tempat para penyewa menunggu transaksi sewa komik-nya.

Kunjungan pertama saya ke tempat ini, juga merupakan pertemuan saya yang pertama kali dengan Yen. Sebenarnya di pertemuan pertama itu, kami tidak saling bertegur sapa, karena saat itu yang kenal dengannya adalah salah satu sahabat saya lainnya yang mengantar saya ke rental ini, atas permintaan saya. Karena sering bertemu di tempat rental, akhirnya kita sering pulang bareng dari rental dan nyewa bareng. Ternyata kami punya kesamaan soal komik. Untuk menyiasati budget yang terbatas, biasanya kami share komik yang kami sewa. Makanya, di saat-saat "jaya", kami bisa membaca hingga >30 komik dalam 1 minggu. Jadi, ga heran kan, kalau saya jadi terkenal sebagai "bandar komik" di sekolah.

Saya masih ingat, saat kami menelusuri satu persatu rak tersebut untuk menemukan komik-komik yang ceritanya menarik, atau sekadar menemukan kelanjutan dari komik seri yang sedang saya baca. Kami bisa menghabiskan waktu berjam-jam disana, kadang juga sambil ngobrol dengen penjaga rental.

Pulang dari rental, biasanya kami akan berjalan kaki menelusuri jalan yang melandai. Sambil berjalan kaki, saya dan Yen mengobrol kesana kemari, mulai dari cerita dan karakter tokoh di komik yang lainnya, hingga berbagai hal yang kami temui di sekitar kami. Melalui obrolan itulah, saya banyak belajar.

Sebenarnya, yang membuat rental komik ini berarti buat saya adalah tempat ini menuntunku menemukan berbagai hal, anugerah yang saya miliki dari sekarang. Mulai dari teman sesama penyuka komik(termasuk orang-orang yang kena "virus komikers" saya), sahabat dan pelajaran hidup yang saya dapatkan dari mereka juga dari komik-komik yang saya baca. Karena berkat merekalah saya bisa bertahan dan menjadi diri saya yang sekarang. Saya sangat bersyukur pada saat itu saya meminta sahabat saya untuk mengantarkan saya pada rental komik itu. :)

Di tulisan ini tidak disertakan foto, karena saya sudah bertahun-tahun tidak mampir ke tempat itu ^^


8 comments

Write comments
15 Mei 2014 pukul 13.41 delete

Disini jarang banget nemu tempat kayak gitu. Mulai langka. Hiks

Reply
avatar
K
AUTHOR
15 Mei 2014 pukul 22.10 delete

Disini juga udah banyak yang gulung tikar sih. Rental komik di beberapa tempat yang aku tahu udah ga ada.

Mungkin cuma beberapa yang koleksinya lengkap n' banyak langganannya aja yang bertahan.

Termasuk "discovery" ini, setelah bertahun-tahun ga kesana kemaren coba lewat ternyata masih ada :3

Reply
avatar
Ila Rizky
AUTHOR
17 Mei 2014 pukul 05.01 delete

wow, 30 komik? keren banget. dulu paling seminggu cuma 10 aja. bergilir pinjem dari satu temen ke temen lain :D

Reply
avatar
K
AUTHOR
19 Mei 2014 pukul 20.54 delete

Hehe...iya, dulu pas masih masa jayanya. Kalo sekarang paling cuma baca online ^^

Reply
avatar
26 Mei 2014 pukul 16.42 delete

Semua berawal dari komik nih ya ceritanya hehehee....sekarang udah jarang banget ya rental gini, sudah tergusur dg menjamurnya rental game online mungkin ya :(

Terima kasih telah berpartisipasi di GA ini, good luck.

Reply
avatar
K
AUTHOR
28 Mei 2014 pukul 11.03 delete

@mbak uniek : iya, mbak ^^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 Agustus 2014 pukul 18.55 delete

Halo..alamatnya dimana yah? Pengen kesana juga.. Hehe

Reply
avatar
K
AUTHOR
17 September 2014 pukul 10.46 delete

Kalau rentalnya di daerah manukan, sby barat. Di belakang karaoke rasa sayang.
Kamu tahu kah daerah manukan?

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D