Tentang Jilbab

4/17/2015 0 Comments A+ a-

"Ada yang bilang berjilbab itu pilihan, hidayah, komitmen untuk jadi alim, dll. Tapi bagiku itu konsekuensi. Konsekuensi dari seorang muslimah, konsekuensi dari seorang wanita yang memilih Islam sebagai agama dan pedoman hidupmu. Bukan soal menjadi alim, tapi soal tanggung jawab sebagai seorang muslim"


K


Kisahku
Saya ingin bercerita tentang awal kali saya rutin menggunakan jilbab.
Jujur saja, sebelumnya saya gak suka berjilbab, soalnya ribet. Apalagi saya orangnya ga telaten dan pelupa. Jadi, saya tuh juga ada kekhawatiran gimana kalau nanti pas udah berjilbab, suatu saat aku kelupaan untuk pake jilbab dan keluar rumah tanpa memakai jilbab. Alhamdulillah, kekhawatiran itu belum pernah terjad, dan jangan sampai deh.

Saya mulai menggunakan jilbab di kelas 2 SMA. Karena waktu itu saya belum punya seragam dan kerudungnya, saya dapet "warisan" sepupu saya yang bersekolah di sekolah Islam. Nah, roknya itu kan span, ga lama setelah kupakai belahan roknya jadi makin tinggi soalnya robek mungkin gara-gara kebanyakan tingkah kali ya? *padahal saya pendiem lho waktu SMA*. Untungnya untuk seragam putih-biru bisa segera dapat yang baru. Kalau untuk rok pramuka, aku pinjam span punya mama yang panjang banget. Untungnya, rok yang ini jahitannya lebih kuat, jadi ga gampang robek. Tapi jadi susah jalannya,

Jilbab warisan dari kakak sepupu saya itu bukan model selobokan yang praktis seperti yang udah banyak dijual sekarang. Karena saya memang belom bisa pake yang model begitu, tiap hari butuh waktu sekitar 15-30 menit buat pasangnya doank. Padahal saya itu biasanya udah sering telah tanpa pake jilbab. Memang udah usaha bangun pagi sih, tapi masih telat juga. Untungnya lama kelamaan, saya udah lebih terbiasa. Meskipun kalau pake jilbab segiempat itu masih butuh waktu yang agak lama. Makanya untuk aktifitas sehari-hari biasanya saya pake jilbab "instan".

Hal yang paling terasa berbeda umasaat memakai jilbab bagi saya adalah pandangan kita jadi agak terbatas. Jadi, kalau mau lihat kanan kiri ga bisa ngelirik-nglirik lagi, harus noleh gitu. Begitu pun kalau mau liat ke atas.

Tapi, lama-lama sudah terbiasa. Dan ngrasa nyaman kok pake jilbab. Yang terpenting sih kewajiban tertunaikan dan merasa lebih terlindung juga, soalnya pakai baju yang lebih tertutup. Terasa bedanya kok, soalnya pas kuliah, anak-anak cowok lebih respect sama aku.

Pengakuan
Oh iya, pas SMP, aku pernah meminta seseorang untuk melepaskan jilbabnya biar terlihat seragam (tidak pakai jilbab) pas menari di acara KTS (Kegiatan Tengah Semester) di sekolah. Saat itu aku belum memahami makna berjilbab. Padahal dia udah berusaha menolak dengan bilang dia malu kalau tidak melepas jilbabnya. Dan sekarang, saya merasakannya. Kalau saya disuruh melepas jilbab di depan umum, pasti malu banget. Sayangnya saya belum pernah berjumpa lagi dengannya setelah lulus SMP. Untuk temanku itu, maaf banget ya, saya baru sekarang mengerti....

Mari bercuap-cuap :D