Himbauan atau paksaan??

8/16/2011 4 Comments A+ a-


Malem-malem gini mau tidur malah denger berita yang gak enak plus bikin illfeel. Berita itu tentang F** yang ngerusak rumah makan gara-gara buka pas puasa. Hadeehhh....Jangan bikin nama baik Islam tambah buruk donk....Yang ada di negara ini kan gak Cuma umat Islam doank??Gak adil donk kalo jual makanan aja dilarang, dirusak malah. Masa’ kalo di negara yang mayoritasnya bukan muslim mau kayak gitu  juga?bisa jadi tersangka teroris ntar tuh. 

Dan, oh ayolah. Makan itu kan sesuatu yang wajar untuk dilakukan. Pun gak terlalu sulit untuk ditahan hawa nafsunya. Menghormati gak harus ngelarang,kan?Pun, pemerintah hanya menghimbau, bukan ngelarang. Harusnya gak ada hak, dan gak bisa dijadiin dasar juga dunk untuk melakukan pengrusakan kayak gitu. Himbauan kan harusnya gak bersifat memaksa.


Kalo soal menghormati dan menghargai orang berpuasa sih, cukup dengan kita menjaga aja sebisa mungkin gak terlihat dan gak ada niat buat pamer atau ngiming-ngimingi orang berpuasa. Pun, kalo orang-orang yang puasanya aja gak terlalu keberatan, kenapa juga harus kayak gitu??Di rumahku aja kadang-kadang kalo ada yang gak puasa tetap aja makannya masih di keliatan ama orang yang puasa. Malah kalo aku, harus keliatan makannya, biar gak diomelin mulu, gak puasa tapi koq gak makan.

Jadi, sebenernya soal warung buka di siang hari itu, dilarang secara paksa, atau dihimbau untuk tidak melakukannya sih?? Apa pemahamanku nih yang kebalik??

4 comments

Write comments
rabest
AUTHOR
16 Agustus 2011 pukul 18.23 delete

toleransi umat beragama emang kurang nyata (buatku) di negara ini , masiiih aja ada yang kayak gitu.,tapi mau gimana lagi, pemahaman orang emang beda-beda n nggak gampang bisa dirubah, mungkin kita semua punya tujuan yang sama, ingin islam dan negara in bersatu, aman, tentram, dan damai, tapi...cara pengaplikasiannya aja yang beda2, yah....kao udah begini, emang toleransi yang sangat diperlukan.. iya tho??

#edisisotoyabis#

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
16 Agustus 2011 pukul 18.44 delete

tapi, masalahnya adalah pemahaman kita mengenai toleransi pun juga cenderung berbeda-beda.
Aq rasa, itu juga cukup menjadi dasar masalahnya.

Ehm...sebenernya gak hanya toleransi umat beragama sih, menurutku. Udah sejak lama aq mempertanyakan yang namanya rasa kebangsaan dan persaudaraan yang ada di negara ini. soal ini pernah aku bahas di salah satu postinganku, di sini :
http://kacho-myworld.blogspot.com/2011/02/indonesia-impianq.html

Reply
avatar
16 Agustus 2011 pukul 22.49 delete

gimana yah, setuju ga yah? :D

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D