Kejahatan harus kalah??

2/21/2011 5 Comments A+ a-

Sering kita dengar kata-kata yang intinya begini,”Pada akhirnya kebaikan akan menang, dan kejahatan lah yang  akan kalah”. Tidak sepenuhnya salah sih, tapi aku merasa kadang kita jadi merasa begitu bernafsu “mengalahkan” kejahatan.Lihat saja dari tayangan-tayangan sinetron, atau film kartun anak-anak.Terkesan seakan yang namanya kejahatan, orang jahat, itu harus dimusnahkan, disingkirkan.

Tapi, rasanya itu seperti penghakiman secara sepihak aja . Padahal orang jahat itu selalu ada sebabnya,kan?Yah, walaupun memang, ada orang yang bener-bener sangat jahat, sampe rasanya sulit percaya kalo orang itu manusia(baca : “jahat”).Tapi, yang saya maksud lebih pada penyikapan kita pada orang yang kita anggap “jahat”, meskipun jahatnya tidak separah dengan orang “jahat”yang aku sebutkan sebelumnya.



Jahat Itu Tidak Selalu “Jahat”


Apa maksudnya ya?MaksudQ, orang jahat, tidak selalu benar-benar jahat sampe kehilangan kemanusiaannya.Ada juga orang yang jahat karena keadaan, ada orang yang jahat karena sebenarnya dia butuh pertolongan, ada pula orang yang jahat karena perlakuan kita padanya.

Ada kalanya, dikarenakan masa lalunya yang suram, seseorang menjadi begitu kasar terhadap orang lain, dan memiliki pandangan yang negatif tentang dunia.Dengan cara-caranya yang defensif, bahkan ofensif mengganggu orang lain, merusak apa yang ada di sekitarnya, mungkin saja ia sedang menunjukkan bahwa dirinya terluka,jauh di lubuk hatinya berharap seseorang akan menyadari “jeritannya” dan membantunya menyembuhkan lukanya.Tapi, sayangnya tidak semua orang memahami apa yang terjadi di dalam diri orang tersebut.Apalagi memang orang itu tidak pernah menceritakan apapun tentang diri dan masa lalunya.Dan, kebanyakan kita, justru cenderung menjauhi, memandang rendah, bahkan juga balik ofensif terhadap orang-orang seperti ini.Bisa-bisa malah kita yang justru berlaku jahat pada mereka, alih-alih menjadi baik.



Lalu, haruskah orang-orang seperti ini “dikalahkan”?Haruskah mereka disingkirkan, atau malah dibinasakan?Padahal, mungkin saja itu karena mereka tidak tahu dan tidak menyadari.Padahal mungkin saja, mereka sedang meminta pertolongan, hanya mereka tidak tahu caranya.

Solusi Win/Win
Akhir-akhir ini sering kita dengar solusi win/win,bukan lagi win/lose. Solusi ini dianggap sebagai solusi terbaik saat ini.Tapi, masa’ sih kejahatan harus menang juga?Gimana jadinya dunia tuh kalo’ kaya’ gitu?

Setiap akibat pasti juga ada penyebabnya, begitu pula seseorang yang menjadi jahat.Seperti halnya yang udah aq tulis sebelumnya, kadang justru kita turut ambil andil dalam prosesnya.Karena itulah, tidak seharusnya kita selalu berambisi untuk menyingkirkan orangnya sebagai pemecahan masalahnya. Tetapi, harusnya kita “menyingkirkan” penyebab yang membuat ia menjadi orang yang seperti itu.
Alih-alih mengalahkan kejahatan, qt bisa membantunya menyelesaikan masalahnya, selalu mendukungnya menjadi lebih baik.Dengan begitu, kita bisa menambah pahala (amal jariyah lagi!), pun bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih nyaman untuk ditempati, karena lebih banyak orang baiknya.

Solusi win/win dalam kasus ini tentu saja bukan kejahatan juga harus menang,tetapi mengubah “kejahatan” itu menjadi kebaikan.Semuanya jadi menang bukan kalau begitu?

5 comments

Write comments
norma
AUTHOR
21 Februari 2011 pukul 15.19 delete

iya bner,,ga selamanya org jahat itu jahat,,,
trkadamg ada org berbuat jahat krn terpaksa oleh keadaan,,bkan oleh kemauan dia sndiri,,,

Reply
avatar
M. Hudatullah
AUTHOR
21 Februari 2011 pukul 19.55 delete

yang lebih mengerikan lagi..orang yang mengira dirinya berbuat baik--padahal tengah berbuat kejam.

teroris misalnya... (atau, kalau menurutku nih-->>FPI)

dan setuju ma kamu deh, untuk memberantas kejahatan cara terbaik adalah meminilaisir penyebab kejahatan itu terjadi....

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
22 Februari 2011 pukul 10.47 delete

@Rez Iraz : hu um, yap.^^

@mas huda : makanya itu, alih-alih menjadi baik, tapi malah melakukan yang jahat pada yang jahat.
Dan, FPI secara implikasi ke depan dan orientasinya sama sekali tidak trcapai dengan cara itu.Pda hakikatnya pun,Qrsa mereka cuma "memuaskan nafsunya".

Semoga kita bisa melakukannya. ^^

Reply
avatar
Yus Yulianto
AUTHOR
22 Februari 2011 pukul 11.48 delete

dan pada kenyataannya pula, kejahatan sering menang...

Reply
avatar
Kacho
AUTHOR
22 Februari 2011 pukul 18.32 delete

@eks : benarkah??Entahlah.Aq cuma bisa blg,saat org2 yg "sadar" brpaling dari sekitarx,saat itu pula ia membiarkan kejahatan menguasai sgalax.

Dan,pada akhirx tiap org akan mdpt "gnjaran" yg spadan dg pbuatanx d dunia.Itu yg akan membuktikan,siapa yg mjd pmenang dlm khdpan,dan siapa yg jd "pecundang" khdupan.

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D