2nd day

3/21/2011 9 Comments A+ a-



Nah, ini lanjutannya, hari kedua aku kerja. Panjang-panjang yah?Tapi, aku bakalan seneng banget deh, kalo ada yang baca dan koment, apalagi kalo kasih saran, hehe..... Silakan membaca kisah selanjutnya....... ^^

Day 2
 Tahukah anda? Sepulang kerja pada sore hari pertama saya kerja, banjir rumah saya sudah mulai surut. Namun, kebanjiran lagi di malam harinya. Dan, terus berlanjut sampe keesokan harinya (Jadi, selama 3 hari rumah saya kerendem banjir – jadi danau musiman dah, kalo musim ujan)

Dan, banjir itu bener-bener bikin males untuk berangkat kerja. Karena selain udaranya dingin, kaki juga dingin, kemana-mana ada airnya, juga kamar mandi yang biasa dipake itu juga kemasukan air. Plus, hape saya yang pada hari sebelumnya gak sengaja kecemplung ke air banjir (T.T), dan rusak. Akhirnya masuknya agak siangan, tapi sayang banget gak bisa ngehubungin Pak kepsek, karena nomernya ada di hape saya yang rusak itu.

Ternyata, gak hanya di rumah yang banjir, tapi juga di jalan. Tapi, waktu itu masih belum begitu tinggi. Aku sampai di sekolah cukup siang. Berbeda dengan kemarin, suasana di kantor cukup sepi (karena ada karyawan yang hajatan hari itu).

Hari ini kebetulan pulang cepet, karena guru-guru pada punya acara undangan gitu. Jadilah, saya menunggu adek-adek baru saya itu di depan kelas-kelas. Sambil duduk, celingak-celinguk gak jelas. Jujur aja, saya hampir sama sekali gak inget wajah dan nama mereka satu persatu, saya orangnya susah banget menghapal 2 subjek itu, maap ya dek, sepertinya butuh waktu yang lumayan lama (ini juga kekurangan saya yang cukup besar sebagai guru, ada saran untuk nyiasatinnya?). Jadi, saya Cuma bisa celingak-celinguk liatin anak-anak yang lagi pulang ke pondokan. Sambil berharap-harap cemas pada hape saya (yang saya pinjem dari mama), nunggu ada sms masuk dari salah satu adek-adek itu yang ngasih tahu kabar selanjutnya, jadi atau nggaknya it.

Rasanya lumayan juga sih nunggunya, tapi akhirnya ada juga yang dateng. Pertama, ada 2 orang yang dateng, mereka bilang, “ mbak, maaf yang bisa Cuma kita, yang lainnya pulang”. O ya, aku meminta mereka memanggilku mbak aja, aku gak suka dipanggil bu (berasa gimana gitu), dan secara umur juga belum pantes dipanggil bu (aku masih muda gitu lo, wkwkwkwk..... *ngaku-ngaku).

Dan..... Betapa senangnya diriku....Aaaaahhhhh!!!Ada yang dateng!Ada yang dateng! Dalam hati aku bilang, gak papa koq dek, ada yang dateng aja aku udah sangat seneeeennggg banget! Lama-lama ternyata nambah jadi  5 anak perempuan yang ikutan. Yah, lumayan lah ada lebih dari 10%an yang mau dateng.

Ternyata mereka rada-rada kaku pegang laptop. Mungkin sebelumnya jarang pegang mungkin ya? Soalnya, dulu Cuma ada 2-3 komputer, lah muridnya ada sekitar 40. Tapi, mereka akhirnya aku minta nyoba 1 per 1 biar ada sensasi dan bisa sendiri. O ya, aku sempet ngobrol dengan salah satu anak tentang tsunami jepang, yang barusan terjadi itu(seneng banget!). Aku berusaha ngikutin pembicaraan dia, walaupun masih belum bisa dibilang akhirnya jadi pembicaraan yang nyaman dan asyik sih.

Tapi, di tengah aku ngajar itu, ada kekhawatiran cukup besar. Karena banjir besar keburu datang!!Ya, di desa tempat MTs aku ngajar itu adalah langganan banjir. Banjirnya gak kira-kira lagi, kadang bisa sampe setinggi dada/ leher orang dewasa. Nah, airnya itu udah naek lumayan tinggi, sungai di deket sekolah itu udah meluber sampe ke jalan di pinggir sekolah. Padahal waktu aku berangkat kerja, (sekitar 4-5 jam sebelumnya), masih kering lho, gak ada banjir-banjirnya di situ. Malah gak ada ujan sejak aku berangkat kerja, itu emang  banjirnya banjir kiriman sih.

Mereka baik banget deh, mereka malah nge-khawatir-in aku, dan nyuruh aku cepet pulang. Dan, akhirnya aku cepet2in juga ngajarnya, dan segera pulang. Waktu keluar sekolah juga, masih ada yang say good bye, dan bilang,”hati-hati ya mbak”. Huwaaaa....seneng deh, mereka welcome bangeett. Jadi pingin ngasih yang terbaik dariku buat mereka (but, how? *masih mikir).

Di tengah jalan, sebenere aku kuatir, bisa pulang gak ya?Karena jalan aku pulang juga langganan banjir yang lumayan gedhe. Kuatir kalo-kalo sepeda motor mati (gak tahu banyak tentang sepeda motor), atau malah kintir kebawa arus (beneran yang ini). 2/3 perjalanan telah terlewati, belum banjir. Dan ternyata, banjirnya gak terlalu jauh dari rumah. Lumayan parah sih, banjirnya kira-kira sebetis-lutut orang dewasa. Rada gimana gitu, ngeliatin motor-motor orang lain yang mogok. Tapi, lah mau sampe rumah,  aku juga gak tahu mau kemana lagi kalo gak pulang, plus udah dapet semangat dari anak-anak tadi. Jadi, yah, maju terus....Akhirnya, pulang kerumah dengan selamat.

Nah, akhirnya banjir dirumah surut juga. Dan, itu berarti harus segera bersih-bersih rumah. Kasian mama sama adek udah berbanjir-banjir dan ngebersihin rumah 2 hari ini. Jadi, aku ya ikutan bantu, meskipun udah lumayan capek, dan sakit kepala. Tentu aja, respon dari anak-anak itu juga nambah semangatku buat ini. Akhirnya, dengan susah payah, dikerjain bareng adek-adekku juga. Selesailah bersih-bersihnya sekitar pukul 21.00, meskipun masih ada yang ngerembes dari bawah dikit (rumahku bocornya gak Cuma dari atas, tapi juga dari bawah lantai, dari kamar mandi dan dari depan rumah – emang rumah udah tua, butuh renovasi kayaknya). Akhirnya, bisa tidur juga dengan tenang (meskipun besoknya akhirnya telat untuk ikutan kuliah 0 sks).

Sekian dulu curhatan hari-hari pertama saya bekerja. Mungkin nantinya, saya juga akan meminta saran dan kritiknya biar bisa memberikan yang terbaik untuk adek-adek saya yang baru.Amiiinn... Jangan bosen -bosen buat mampir n ninggalin komen ya..... hehehehe.... :D

9 comments

Write comments
norma
AUTHOR
21 Maret 2011 pukul 13.23 delete

aku jg susah menghafal namax,,
biasax biar ingat aku mengulang lagi namax pas knlan cari ciri khas dari org itu,,hehe

Reply
avatar
M. Hudatullah
AUTHOR
22 Maret 2011 pukul 01.15 delete

ceritanya menarik loh..
ternyata di daerah situ langganan banjir ya? mmmm..

btw, just do your best lah... aku mau ngasih saran apa ya/ kulihat kamu sudah melaukan yang terbaik yang kamu bisa. so just let it flow....

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
22 Maret 2011 pukul 22.01 delete

@rez iraz : masalahnya aq juga bukan orang yang pandai mencari keunikan seseorang dalam hal fisik. Waktu pertama masuk SMP aja, aku sampe nganggep hampir smua cewek di kelas itu wajahnya sama. (beneran, waktu it udah berusaha keras nginget wajah, n ngebeda2in, tapi tetep aja, makin banyak ketemu orang malah g bisa ngebedain, ngerasa mirip semua. Biasanya, aq malah butuh lebih dr1semester utk bisa ngenalin temen2 skelas dg baik (parah yak kekuranganku ini?makanya gak pede jadi guru.

@mas huda : waaah...makasih, dipuji aku rek...hehehe....
yah, tapi rasanya masih ada lagi yang bisa dilakukan. jadi yah, dicoba aja lah :)

makasih ya mas.

Reply
avatar
niku
AUTHOR
23 Maret 2011 pukul 19.50 delete

yo dinikmati saja ka.. :p
latihan ngomong biar lancar dan suaranya bisa lebih keras..
*ojo ngomong ga bisa

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
23 Maret 2011 pukul 23.16 delete

@mas huda : di rumah sih, dulu jarang banjir sampe masuk rumah. Entah kenapa koq sekarang malah sering banget (pas skrg ayah udah gak ada lagi)

@yenny : sedang berusaha menikmati, tapi tetep ae, zuzah, hahaha...... Untuk suara keras, juga sedang dicoba, tapi memang masih pesimis utk itu T.T pinginnya gak bilang gt, tapi sering keceplosan

Reply
avatar
rabest
AUTHOR
24 Maret 2011 pukul 09.18 delete

iya..ujan mulu dari kemaren, banjir dimana2, the most frighten for me about the flood is motor mogok, hahahha

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
24 Maret 2011 pukul 19.37 delete

@rabest : ini bestari y??baru tau waktu buka profilnya. Iya, bener, motor mogok itu menyengsarakan memang.

@yenny : o ya, emang aku bilang gak bisa ya? *g inget

Reply
avatar
niku
AUTHOR
24 Maret 2011 pukul 20.57 delete

ga sih, tapi biasane reaksimu seperti itu.hahahaah
dan memang benar kn?kamu mengakuinya..wkwkwkwk :D

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
24 Maret 2011 pukul 21.44 delete

@yen : hohoho...gak yakin ae, dan yah butuh motivasi iku berarti yen.... :p

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D