My 1st Day

3/18/2011 4 Comments A+ a-


Beberapa waktu lalu, aku cerita, aku akan kerja  magang di MTs.nah ini nih ceritanya. Soalnya, hari sabtu-minggu kemarin itu hari pertama dan kedua aku kerja (>.<). Sebenernya dulu udah pernah magang sih, waktu ambil mata kuliah kerja praktek di kampus, tapi belum berasa kayak kerja beneran.

Pada awalnya waktu aku ke sana untuk tanya-tanya dan liat-liat tempatnya, sang kepsek bilang kalo ternyata lowongan untuk guru TIK itu gak ada. Jadi, kalo aku mau, bisa nempati jadi TU bagian manajemen. Truz, aku tanya,”kerjanya kaya gimana,pak?”. Kata bapaknya sih, bikin berhubungan dengan ngurus surat menyurat lah (sekolah ini masih baru banget berdirinya, makanya masih perlu banyak yang diurus). Nah, pikirku mending deh, dari pada ngajar. Walaupun kalau ngurus-ngurus itu mungkin ribet juga, tapi pikir entar-entar aja lah. Pikirku, kalo’ gak ngajar kan berarti gak ada sesuatu yang secara khusus harus disiapin.

Oke, seminggu kemudian....Dan, inilah kisahnya......................Terere reret........


Day 1
Malam sebelum hari pertama aku bekerja, ternyata ujan lebat banget. Berhubung jalur pulang ke rumah itu emang wilayah langganan banjir semua, aku putuskan untuk gak pulang kerumah. Besok aja berangkat subuh-subuh, pikirku. Tapi, berhubung waktu itu uang aku nge press banget (harusnya udah gak ada budget lagi buat hari itu), maka aku putuskan untuk gak makan (uangnya dibuat bensin) - -pantesan aku jadi tambah kurus yah T^T –

Subuh-subuh aku berangkat, ternyata aku kesiangan. Berusaha untuk cepet-cepet pulang ke rumah lewat jalur terpendek, ternyata pagi-pagi jalannya rame. Alhasil, sampe rumah udah jam setengah 7, padahal masuk sekolahnya jam 7!! Sedangkan, perjalanan dari rumah ke sekolah itu, sekitar setengah jam. Dan, parahnya lagi, aku belum mandi! (wew :p) Kenapa?Karena air di kos-kosan mati ti ti, gak ada aer buat mandi. Akhirnya, dengan terburu-buru, aku putuskan gak mandi, Cuma sikat gigi,  cuci muka, dan ganti baju aja (jyah....), plus tanpa sarapan T.T

Parah banget yah, hari pertama kerja malah kayak gitu gak dapurnya diriku. O iya, waktu itu di rumah juga lagi kebanjiran, jadi yah, semakin memperlambat pergerakan diriku (halah, dasarnya emang lemot, haha...). Sampe di sekolah, aku terlambat 10 menit. Yah, untungnya bapak kepseknya gak papa, welcome-welcome aja.

Gak lama setelah aku dateng, eh, ada orang nganterin makanan. Waaah....asyik, kelaperanku dari semalam terbayar deh, hahaha.....Biasanya gak ada lo, acara dianterin makanan kayak gitu, kebetulan aja waktu itu ada karyawan sekolah yang mau ada hajatan, jadi ikutan kecipratan deh rejekinya (yes!hoho...). Dapetnya gak Cuma pagi hari doank lagi, sorenya juga dapet (sekolahnya full day). Bener-bener deh, kalo’ udah rejeki gak lari ke mana dah (syukur alhamdulillah.....).

Oh ya, di sini itu bahasa “nasional”-nya bahasa jawa alusan (secara, di lingkungan pondok dan MTs, untung aja bukan bahasa Arab, kagok beneran ntar, double L, hahaha.... ).  Jadinya, aku yang biasany pake bahasa ngoko (kasar, suroboyoan), jadi rada bingung ngertiin dan ngomongnya. Akhirnya, yang nanya pake bahasa jawa, aku jawabnya pake bahasa Indonesia. Kadang kalo gak ngerti artinya Cuma minta diulang beberapa kali, walaupun kadang masih juga gak ngerti sih, hehe.... :p

Setelah kesenangan, berganti dengan kekagetan. Soalnya  tiba-tiba aku diminta ngajar!!ya, ngajar, ngajar TIK, pas di hari yang sama, beberapa jam kemudian setelah aku dikasih tau berita itu. Waktu dikasih tahu itu sih, aku Cuma manggut-manggut aja. Tapi, di dalam hati jadi histeris sendiri, “What? What? Ngajar? Ngajar apaan nih? Gak salah nih? Wedew tiba-tiba gini. Apaan nih yang ntar aku omongin, gimana nih ngajarnya, dll deh”. Sambil ngerjain tugas TU-ku, aku berusaha keras untuk tetap tenang dan ngeyakinin diriku, kalo pasti ada jalan, gak papa, gak papa, gak bakalan buruk-buruk amat koq. Jujur aja, kalo gak bener-bener tenang, beneran deh aku bisa gagap buanget kalo ngomong(terbukti dulu waktu tes wawancara) , ya masa’ guru ngomongnya gagap gitu.

Dan, akhirnya......Datang pula lah waktu aku mengajar (0_0). Sambil ragu-ragu, gugup gimana gitu, waktu aku ngambil tas dan nerima penjelasan mater i terakhir dari guru yang sebelumnya. Tapi, tetep berusaha sebisa mungkin untuk nenangin pikiranku. Langkah demi langkah, naik ke lantai 2, daaannnn.....nyampe di kelas.... Aaahhhh....tidak, banyak banget anaknya??Wedew....hua.....bahaya, gimana nih suaraQ biar bisa kedengeran...Oh...No... (Histeris sendiri gak keruan di dalam hati).

Oke, sesi perkenalan aku coba aja deh, sok SKSD tanya,” Ada yang tau aku belum?”. Jelas lah gak ada yang tahu, secara aku juarang banget kesitu. Dan, seterusnya, dan seterusnya. Dan ternyata, reaksi mereka gak buruk-buruk amat loh. Meskipun mereka ada yang nggojloki gitu, tapi gak ada yang bermaksud meremehkan (rasanya sih begitu). Mungkin juga karena dari pondokkan juga ya... Tapi, apapun itu, itu udah nyelamatin aku.

Banyak juga pertanyaan mereka, ada yang tanya hobi lah, cita-cita lah, ada juga yang minta aku nyanyi (wew, jangan, malu aku dek.....). Padahal ada janji, kalo aku ceritain hobi dan cita-citaku, mereka juga mau balik cerita, eh, ternyata gak ada yang mau.

Setelah berkenalan yang cukup lama, aneh, dan kacau. Akhirnya, dimulailah sesi pelajaran. Dan, inilah respon mereka setelah beberapa menit aku berusaha keras untuk menjelaskan di depan kelas :
·         Suaraku terlalu pelan, gak kedengeran sampe belakang -> aduuhhh,,,,gimana donk biar suara ini bisa keras....bingung
·         Membosankan (ini yang paling  menusuk), mintanya banyak-banyak cerita pengalaman dan banyak bercandanya -> huhuhu.....(T^T)Ada mau kasih saran? O ya, jangan lupa saya orangnya sulit bercanda dan yah, kalo mau cerita, bingung juga mau cerita apa.
·         Pinginnya pake komputer, tahun lalu ada komputer (dulu Cuma ada 2-3 kompi), dan tahun ini komputernya pada rusak -> yang ini sih, udah aku janjiin besoknya untuk ketemuan dan aku bawain laptopku (untuk hari itu, Cuma itu yang bisa aku lakuin)

Betapa sedihnya diriku ngeliatin ekspresinya mereka. Keliatan banget deh, aku ngajarnya gak memuaskan, mungkin juga ngecewain. Gimana ya? Gimana ya?Sampe sekarang juga masih kepikiran.

Truz, karena sangking aku tergesa-gesa, kikuk dan bingungnya, untuk bisa menghubungiku,aku juga ngasih nomorku ke semua anak di kelas untuk menghubungiku. Padahal harusnya kan cukup ketua kelas aja yang dikasih tau, sekalian ditugasi mengkoordinir kelas.

After All, yah, aku gak menganggap hari pertama aku kerja, dan hari pertama aku mengajar itu, sebagai sesuatu yang benar2 buruk. Toh, respon adek-adek itu sebenere gak jelek banget sih, mereka respect banget ke aku malah (alhamdulillah). Tapi, aku jadi kecewa sama diri sendiri, yang gak bisa optimal ngajar mereka. Padahal mereka mau UTS minggu depannya.

Memang sih, UTS itu cukup jadi beban aku, soalnya aku baru tahu mereka mau UTS menjelang jam pelajaran selesai. Aku juga gak bilang dan memberi bekal apa-apa buat mereka untuk nyiapin UTSnya. Tapi, di sisi lain, aku juga punya kesempatan untuk cari cara+modul+info tambahan buat ngajar mereka. Nah, dimohon banget ya, buat temen-temen blogger, kasih saran ya buat aku....butuh banget nih....... *mohon-mohon.

Nah, akhirnya sepulangnya itu aku langsung tepar. Maklum, selain capek fisik, juga psikis. Aku itu tipe orang yang kalo lama-lama berada di tengah kumpulan keramaian (entah itu orang, gedung, atau yang sejenisnya), bisa jadi stress berat. Jadilah sore-malam itu aku Cuma banyak tidur karena kepala sakit terus, gak ilang-ilang. Padahal udah minum vitamin, tapi memang sepertinya vitamin itu gak bisa nangkal sakit kepala saya.

--------------------------------------------------------------

Nah, ceritanya masih berlanjut di lain posting.....
:D

4 comments

Write comments
Rose
AUTHOR
18 Maret 2011 pukul 11.27 delete

hemmm, susah jg ya klo g ad yg mau ngomong padahal kita uda banyak ngomong, jadi tau rasanya gimana kalau guru kita dulu,..

hem semangattt yaaaa

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
18 Maret 2011 pukul 17.01 delete

@Rose : yah, begitulah. tapi memang dari aku nya sendiri itu tipe orang yang gak pinter ngomong dan cenderung antisosial, makanya jadi sulit buatQ untuk bisa langsung akrab.Apalagi dengan anak yang sebanyak itu.

Iya, makasih. Sama-sama semangat ya.....!! :D

Reply
avatar
niku
AUTHOR
23 Maret 2011 pukul 19.23 delete

saran opo maksudmu?

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
23 Maret 2011 pukul 23.25 delete

saran untuk 2 poin yang di atas :
1. gmn caranya buat suaraQ bisa keras kalo njelasin, atau at least lah semuanya bisa denger suaraQ.

2. gimana cara ngajar biar gak bosan. klo crita, crita2 apa yah?pinginnya via film, dll, atau keilmuan lainnya, yang berguna jg buat mereka n kehidupan mereka, tapi gimana media n penyampaiannya yang efektif ya?Secara, hal yang kayak gt banyak dipandang mbosenin n' banyak plajaran akhlaq gitu jg di pondok. Trz, matpel komputer kurang ada hubungannya dengan itu

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D