Melindungi dan Keegoisan

5/30/2012 0 Comments A+ a-

" Seringkali, kita memakai alasan 'perlindungan' untuk menghindarkan dari ketakutan-ketakutan dan kekhawatiran-kekhawatirannya sendiri. Padahal hanya ego kita lah yang nggak ingin tersakiti, tapi dengan seenaknya 'membatasi' dengan alasan perlindungan. Padahal kita tidak pernah bertanya apapun tentang apa yang dibutuhkan, diinginkan atau yang ingin dilakukan oleh orang yang dilindunginya. Hanya pikiran kita saja tentang 'heroik' dan  jika kita akan terluka, jika orang itu terluka.

Pada akhirnya, yang seperti itu hanyalah keegoisan kita semata. Justru 'perlindungan' seperti itulah yang akan membuat orang yang ingin kita lindungi jadi semakin tidak terlindungi. Hanya menghambat kebebasan dan perkembangan orang yang kita lindungi. Lalu, tanpa kita sadari, kita telah melakukan diskriminasi terhadap perkembangan dirinya. Dan, hanya meninggalkan masalah saat kita 'harus' meninggalkannya"


Karena Itulah, jika kita ingin melindungi orang yang kita sayangi, lindungilah sambil memperhatikan kebutuhannya. Bukan agar ia tidak terluka, atau kita tidak terluka. Melainkan agar ia mendapatkan segala yang terbaik yang kehidupan tawarkan untuknya.

by Kacho

Mari bercuap-cuap :D