Pertama Kali Naek Bemo

7/29/2012 9 Comments A+ a-

Akhir-akhir ini aku lagi nostalgia masa-masa SD-ku. Sepertinya satu persatu memori pas SD muncul lagi. Padahal akhir-akhir ini jarang banget kebayang.

Pas pertama kali aku masuk SD, aku sekolah di SD Petemon X Surabaya. Pas pertengahan kelas 2, aku pindah rumah ke kota lain, di Gresik. Letaknya sih masih di perbatasan Surabaya-Gresik.    Tapi, lumayan jauh soalnya di belahan Surabaya yang lain dari rumahku yang sebelumnya. Waktu itu sepertinya masih pertengahan caturwulan 2. Selama sisa caturwulan ke-2 ku di kelas 2 itu, aku pulang pergi dari rumah di gresik ke sekolah di petemon. Tapi, waktu itu aku dianter sama papa.

Masuk caturwulan ke-3, aku pindah ke SDN Benowo 2 soalnya kejauhan kalau harus pulang pergi dari rumah ke petemon terus. Apalagi kan papa juga kerjanya mobile. Awalnya, aku masih dianter jemput sama papa tiap pergi ke sekolah.

Suatu hari, aku nungguin jemputan lamaa banget. Pulang sekolah kan jam 12 siang, sampe jam 2 aku nungguin ga ada tanda-tanda mobil pick up L300 papa dateng. Akhirnya, dengan berat hati, setengah takut setengah kesel, aku beranikan diri untuk naek bemo. Waktu itu, aku naek bemo BP. Berhubung aku itu ga tau kalo turun harus bilang apa jadinya aku Cuma bilang ama kenek-nya kalo aku turunnya di “siwalan”, sebutan untuk perumahan tempat aku tinggal yang di sekitarnya ada kebun buah Siwalan. Sejak itu, aku dibiarin ortu naek bemo. Karena ortu juga pada sibuk, jadi ga bisa jemput.

Beberapa kali naek bemo, strategiku berhasil. Tapi ternyata hari itu bemonya gak ada keneknya dan pak sopir-nya lupa. Dan ga nurunin aku di tempat biasanya aku turun. Langsung bingung. Mau bilang apa ini turunnya? Emang sih, beberapa kali aku mendengar sepertinya orang-orang itu bilang “keri” atau “kiri” gitu. Tapi, itu apa artinya? Masa’ kiri yang lawannya kanan? Terus, “keri” itu apaan pula? Mana tuh yang bener.

Kebanyakan mikir, malah kelewatannya tambah jaoh, akhirnya aku malah bilang,”Stop!!” Si sopir yang biasanya memberhentikan bemonya karena kata “kiri” atau “keri” itu ternyata malah ga berhenti. Makin bingung, berkali-kali aku bilang “Stop!!Stop!!Stop!!”, akhirnya penumpang lain yang paham kebingunganku itu bantuin aku, dan bilang “kiri,pak, kiri!” Hahaha…..Akhirnya aku tau, kalo mau turun emang harus bilang “kiri”. Abis itu, akhirnya harus jalan lumayan jauh untuk nyampe ke rumah deh.

Tapi, berkat pengalaman itu akhirnya aku tau, gimana kalau mau turun dari bemo. Wkwkwkwk…. :D

Hem...oh iya, keuntungan naek bemo itu kita bisa tidur sambil nunggu nyampe tujuan. Apalagi kalo tujuannya jauh, dan kita lagi capek. Dulu pas SMP-SMA pas bemo sering ketiduran soalnya, hehehehe...Kadang malah, kalau pas kurang tidur gara-gara malemnya begadang baca komik, tidur di bemo ini bisa jadi alternatif pilihan. Apalagi perjalanannya lumayan lama sekitar 30-45 menit. :D

Pernah beberapa kali kebablasan sih, tapi sepertinya lebih sering bukan karena tidur. Melainkan, karena ngelamun! Hahaha.... Paling sebel kalo' harus jalan jauh sendirian, apalagi manggul tasku yang berat bin antep *isi komik semua, wkwkwk....*

Terus, kalo pas ujian. Malemnya ga belajar *lagi-lagi karena sibuk baca komik*, bisa curi waktu di bemo utk belajar baca-baca buku sebentar. Lumayan....


9 comments

Write comments
Yus Yulianto
AUTHOR
29 Juli 2012 pukul 02.19 delete

hahahaha, lain kali bilang "kanan" aja :D

Reply
avatar
Arif Khumaidi
AUTHOR
29 Juli 2012 pukul 05.07 delete

@@, lucu juga, STOP , STOP *bisa bayangin, pasti gemes banget ne gadis kecil, sok pakai bahasa indonesia segala, wkwkkwk

Reply
avatar
niku
AUTHOR
29 Juli 2012 pukul 08.13 delete

toss dhisik rekk..
*sama2 sering tidur di angkot :))

Reply
avatar
SYM
AUTHOR
29 Juli 2012 pukul 13.30 delete

kalo ditempatku mau berhenti itu bilangnya "KIRI"
makanya pas kemarin di Malang sempat naik angkot agak aneh sih pas ibu-ibu pada bilang "KERI" nah, di sby jg gitu. apasih artinya keri? sm aja ma kiri yah? hehe...

Reply
avatar
30 Juli 2012 pukul 08.32 delete

kirain keri itu artinya geli :D

Reply
avatar
Niar Ningrum
AUTHOR
30 Juli 2012 pukul 22.13 delete

Stop ini naik bemo jaman sd yaa, berani toh niar ajah naik bemo tuh smp lho :D

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
30 Juli 2012 pukul 23.10 delete

@yus : gyahahaha....emang yus pernah?

@mas arif : biarin, namanya juga ga tau :p

@yen : *tosss* :D

@syam : aku biasanya juga bilang "kiri" kok. Belakangan aku baru tahu kalo "keri" itu artinya ketinggalan. Aku juga ga faseh bahasa jawa, hehe....
Tapi, mungkin aja keri itu cuma karena logat orang jawa yang sering membaca "i" jadi "e"

@ajeng : "keri" yang itu dan "keri" yang ini beda bacanya di huruf "e"-nya

@niar : hehehe....iya, mau gimana lagi. Soalnya sekolah lumayan jauh dan gak ada yang bisa anter-jemput sih. Oh iya, enaknya itu dulu pas SD bemo bisa dijadiin alasan untuk bolos, soalnya biasanya pagi-pagi dulu itu susah dapet bemonya :))

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 05.45 delete

ee sebentar.. bemo itu seperti apa sih..

di daerah saya juga ada namanya bemo, tapi ketika saya kompare dengan daerah lain, kok lain lagi namanya.. :D

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 12.17 delete

@a.i.r : Ehm...memang ada beberapa orang yang bedain bemo ama len. Kalo ga salah bemo itu pintu keluarnya di belakang, kalo len di samping.

Biasanya sih, aku di protes kalo salah nyebut. Harusnya bilangnya angkot ya?
Tapi, kalo buatku sih istilah ga seberapa masalah selama sama-sama ngerti maksudnya, hehe... :p

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D