Sekolah "Nyoba"

7/31/2012 8 Comments A+ a-

Selama SD yang 6 tahun itu, aku sempat sekolah di 3 tempat berbeda. Yang pertama itu di SDN Petemon X, terus di SDN Benowo II, dan yang terakhir sekaligus yang mengantarkan kelulusanku ini adalah SDS Srikandi. Di SD inilah banyak pengalaman unik dan menyenangkan yang aku dapatkan.

Sebenernya sih, sekolah di SDN Benowo II itu udah lumayan deket dari rumah. Cuma 10 menitan lah dari rumah kalo naek bemo. SPP-nya juga murah, Cuma 4500 perak per bulan. Ehm….seingetku sih, temennya juga baik. Di sana aku berhasil menarik ketiga teman maen di rumah untuk sekolah di tempat yang sama denganku, di SDN Benowo II itu. Tapi, aku lebih akrab dengan 2 orang, meski aku juga ga merasa bermasalah dengan temanku yang satunya lagi. Tapi, nggak dengan 2 orang temanku yang lainnya. Em…Ceritanya di edisi lain aja.

Saking akrabnya, sering bareng, kemana-mana bareng, mandi bareng, jadilah kita bertiga itu dijuluki 3 dara biru. Nah, rumah kita bertiga ini didatengi oleh “tim marketing”-nya SDS Srikandi. SDS Srikandi itu SD Swasta yang ada di daerah perumahan. Tapi, karena swasta jadi ya bayarnya lebih mahal daripada yang negeri, aku yang dapet keringanan aja udah 10x lipatnya biaya SPP dari SD sebelumnya.

Tim marketing ini jelasin panjang lebar tentang sekolah ini ke ortu dan ke kita. Aku lupa detailnya gimana. Yang jelas waktu itu, mereka sampe berani bilang kalo ga percaya boleh dicoba, nyoba sekolah di situ selama 3 hari. Kalau kerasan(nyaman), sekolah aja di situ. Kalo gak kerasan(nyaman) ya gak apa-apa.

Beberapa hari berlalu setelah tawaran itu. Kami bertiga belum mutusin kapan mau “nyobain” sekolah di situ. Nah, pas kebetulan ada tugas maple Bahasa Daerah yang menurut kami itu susah, kita mutusin besoknya pergi sekolahnya ke SD yang nawarin untuk “nyoba”. Gak lain dan gak bukan itu semua untuk lari dari tugas Bahasa Daerah J). Maklum, kita bertiga gak ada yang tulen jawa. Aku blasteran jasum (baca : Jawa-Sumatra), Ratna itu dulu pas kecilnya tinggal di luar jawa kalo ga salah, terus Widya itu blasteran Cina-Jawa. Jadi, kita ga terbiasa di rumah pake bahasa jawa, apalagi kromo alusan.

Dan ternyata, sekolah disitu menyenangkan. Jumlah murid? 5 gelintir sama kita bertiga. Jadi, sekolah itu berasa kayak les privat gitu. Terus, gurunya juga menyenangkan. Gak kaku kayak guru di SD sebelumnya. Bisa berinteraksi layaknya teman. Yang penting tugas selesai, setelah itu bisa main sepuasnya di kelas. Jadilah, kita bertiga pindah di sekolah ini.

Waktu itu, aku pindah sekolah pas kelas 5 SD. Dan, inilah kelas tertinggi di SDS Srikandi, sekaligus kelas terbandel waktu itu. Entah kelasnya di depan atau paling belakang, tetep aja kelas kita paling rame. Padahal isinya Cuma 5 gelintir, yang paling sedikit kalo’ gak salah. Tapi, kenakalan waktu itu menyenangkan banget, penuh imajinasi. Kadang, kita punya rencana nyeleneh, tapi kita bener-bener ngelakuin itu besoknya. Atau, kita bayangin kelas kita yang sejuk sepoi-sepoi itu rumah kita bayangin kita tinggal bareng, ada yang masak, ada yang mandi. Eh, besoknya ada yang bawa tiker dan kita maen-maen deh di kelas.

Pernah juga, ngerasa kelas itu sepi dan ga rame. Bayangin, enak kali ya kalo bisa maen musik rame-rame. Besoknya, kita sepakatan semua bawa alat musik yang dimiliki, berangkat pagi-pagi terus dimainin deh. Bener aja, besok paginya seisi sekolah jadi rame gara-gara permainan musik kita, yang gak tau juga enak apa gak-nya. Yang penting main, dan seru. Sempet sih, dapet teguran dari kantor, tapi tetep aja lanjuuutt....

Terus pas abis kebanjiran dan tembok sekolah jebol, sampe kita bisa liat orang mandi di danau (anggep aja gitu) belakang sekolah. Terus ketawa ketiwi dengan imajinasi kita sendiri. Hem…menyenangkan, meski kelas kita sering banget dapet complain baik dari guru ataupun kantor. Tapi, hal yang menyenangkan tetep berlanjut. Beberapa kali ganti guru pun, tetep menyenangkan.

Oh iya, kalo ga salah kita juga pernah sempat beberapa kali ngerjain guru pake garam pas ujian. Kan katanya kalo tempat duduknya dikasih garam, ntar orang yang duduk bisa ngantuk.Bahkan, wali kelas kita jadi dikeluarkan gara-gara kenakalan kita. Sebagai bentuk protes, kita juga ngerjai guru-guru baru yang menggantikan guru itu. Entah ganti berapa kali, aku juga lupa. Tapi, akhirnya ada yang mampu menghandle kenakalan kami.

Oh iya, di SD ini sudah menganut sistem 1 guru per mata pelajaran lho. Jadi, pas di SMP dengan sistem itu, aku ga kaget juga. Soalnya udah terbiasa dari SD.

Pokoknya, di SD ini itu adalah masa-masa bandel dan penuh imajinasi deh. Kadang ada juga sih konflik di kelas, tapi tetep menyenangkan. Meskipun ternyata di kelas 6, yang tetep sekolah di situ Cuma 2 gelintir doank. Karena diperhatiin, nilaiku di sini jadi lumayan bagus. Dapet ranking 1 (ya iyalah, orang muridnya cuman 2-5 gelintir doank). Terus, yang menyenangkan juga itu, di sini ada mapel seni tari. Aku suka menari, dan disini tari itu ga Cuma ekskul tapi pelajaran. Terus, pas liatin para murid cowok nari itu lucu lho…

Selama 2 tahun berturut-turut, pewaris kita di kelas 5 itu ternyata juga mewarisi kebandelan kita lho… Hahaha…. Yang aku tahu cuma 2 tahun di-bawahku sih. Soalnya, abiz itu aku jarang banget maen ke SD. Sayangnya setelah masa SD itu, kita berlima sepertinya jadi bener-bener menjauh. Soalnya, masing-masing sekolah di SMP yang berbeda, ada yang pindah ke Surabaya juga. Hem… Tapi, kukira semua itu tetep menjadi kenangan yang berharga buat kami semua.

Tulisan ini aku ikutkan dalam Giveaway-nya mbak Winda Krisnadefa. Mumpung pas lagi nostalgia masa kecil, ada giveaway tentang masa kecil. Jadi, sekalian aja diikutkan. Oh iya, salam kenal ya dan met ultah juga buat mbak Winda Krisnadefa :D

8 comments

Write comments
Arif Khumaidi
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 08.23 delete

@@ seru banget yah masa sd nya, sesuatu banget, ngakak sendiri bacanya.. huehehe

cakkk,,, itu garam siapa yang punya ide??? mayak ya @@ , emang bisa buat ngantuk, wkwkwk
kalo pengawas ngantuk, emang mau contekan atau buka buku ne?? @@

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 12.20 delete

@mas arif : sesuatu banget...kayak Syahrini mas? :p

itu ide dan kerja sama antara kelas 4 dan 5, wkwkwk.... Ternyata emang ada beberapa guru yang ngantuk koq. Dan, gara-gara itu kita ditegur ama kantor dan guru-guru laen. Mau contekan, soalnya mejanya ga ada selorokannya, jadi ga bisa nyimpen buku.

Reply
avatar
Arif Khumaidi
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 18.05 delete

wow.. wkwkwkwk

dasar suka jahil yo @@, untung gak dibawa sekarang tuh sifat

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 19.11 delete

Hahaha kachooo ada beberapa hal nie yg bikin Q ngakak sampe sakit perut, Q rinci ya =)):
1. SPP Rp 4500 : ho'oh yaaa dulu tuh murah banget
gak kayak sekarang, coba kalo SPP skrg tetep
Rp 4500, setara dengan "bakso barokah ya"
wkwkwkw
2. naburi garam: Q dulu juga prnh gitu lo, buat
ARIF: emang terbukti gurunya angop2 mulu dan
kita bisa bebas nyontek pas ujian wkwkwkw,
malahan dl ada jadwal, ujian prtama si A yg
bawa garam, hari kedua si B, dst. =))
3. jangankan dulu ka....sekarang aja kamu masih
tetep bandel kok wkwkwkw

#kabuuuuuuuuuuuur :p

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
31 Juli 2012 pukul 21.01 delete

@uul : neh, rinciannya ->
1. saiki lak gratis seh ul? :p
2. hahaha...ada yang dukung nih... :D
3. wkwkwkwk.... :p

Reply
avatar
3 Agustus 2012 pukul 01.01 delete

baru denger sekolah bisa free trial 3 hari....biasanya cuma tempat kursus doang...hihihihi...ada2 aja..tapi pasti itu sekolah bagus tuh, soalnya muridnya dalam satu kelas sedikit... ;)
makasih ya udah ikut #GABlogEmakGaoel...
tunggu pengumumannya tanggal 4 agustus ya... :)

Reply
avatar
kacho
AUTHOR
3 Agustus 2012 pukul 14.17 delete

@mbak Winda : Hehehe....iya mbak, pas skul disitu nilaiku meroket mbak, wkwkwkwk... :D

Oke, ditunggu mbak pengumumannya :D

Reply
avatar
6 Agustus 2012 pukul 11.26 delete

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Reply
avatar

Mari bercuap-cuap :D